Selasa, 04 Juni 2013

Umpan Mancing Ikan Mas: Umpan Pengumpul Ikan Mas


Di forum-forum dan millis mancing telah banyak dibicarakan mengenai Biang Susu sebagai pelengkap Umpan
Mancing Ikan Mas, jenisnya juga banyak dan masing-masing mengklaim bahwa inilah Biang Susu yang sebenarnya.
Saya tidak akan membahas lebih jauh karena saya tidak memiliki kompetensi mengenai Biang Susu ini, namun
saya hanya akan berbagi pengalaman dari yang sudah saya alami dari beberapa jenis Biang Susu yang pernah saya
pakai.
Biang Susu yang saya tahu ada 4 jenis yaitu :
1. Biang Susu dengan warna agak kuning dan baunya tidak menyengat dengan kisaran harga Rp. 5.000,- sampai Rp.
7.500,-.
2. Biang Susu dengan warna putih susu bersih dengan bau menyengat dengan kisaran harga Rp. 40.000,-.
3. Biang Susu dengan warna putih susu bersih (menurut penjualnya barang impor) dengan bau menyengat dan
kisaran harganya Rp. 110.000,- dengan berat kira-kira 1 ons.
4. Biang Susu dengan warna putih susu bersih tapi baunya tidak terlalu menyengat, yang ini saya belum pernah beli
karena dijual perkilo.
Biang Susu nomor 1 dan nomor 2 pernah saya pakai pada Umpan Mancing Ikan Mas, untuk yang nomor 3 belum
pernah saya pakai. Dan hasil pemakaian dari kedua Biang Susu tersebut cukup memuaskan, asal jangan terlalu
banyak pakainya maka ikan akan ngumpul di lapak kita.
Berikut ini adalah contoh Umpan Mancing Ikan Mas yang menggunakan Biang Susu no.1.
Kolam Harian Ikan Mas di belakang Perumahan Gama Setia Ciputat
Tiket seharga Rp. 22.000,-
Jam : 11.00 - 15.00
Kondisi air : hijau tanpa blower dan air mati
Perolehan : 6 ekor
Bahan-bahan :
1/2 sachet susu bendera kental manis
1 sendok susu dancow sachet
1 telor ayam negeri
1 lbr daun pandan
sepentol korek vanilli jerman
1/3 santan kara segitiga
1 ekor Ikan Cue Layang
1/3 bungkus Biang Susu (no. 1) dan seujung kuku jika pakai yang no. 2
Saya buat umpan ini tanpa kroto, tapi kalau pake kroto pasti lebih baik lagi.
Cara buat :
- Buang kulit Ikan Cue Layang, tulang, bagian yang coklat dan bersihkan isi perutnya, lumatkan sampai hancur dan
halus
- Tuang 1/3 santan ke baskom + 1 telor ayam + sepentol korek vanila jerman + 1/3 Bungkus Biang Susu kocok
sampai merata atau bisa juga diblender, lalu masukkan 1 sachet susu dancow + 1/2 sachet susu bendera kental
manis kemudian aduk lagi sampai merata, lalu masukkan ke dalam plastik untuk direbus atau dikukus sambil
ditekan-tekan sampai matang(tidak ada yang cair setelah ditekan). Untuk pengerasnya gunakan Katulampa sedikit
dan Kinoy Kotak. Umpan siap digunakan.
Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Kalo biang susu jerman itu cara pemakainnya seberapa ya gan,,saya punya biang susu jerman yg serbuk

    BalasHapus